Jepang Mulai Eksplorasi Venus

Sabtu, 27 November 2010
TOKYO - Sebuah satelit telah diluncurkan Jepang pekan ini untuk mengadakan eksplorasi Venus dan iklim yang ada di planet tersebut selama dua tahun.

"Sebuah roket yang membawa satelit bernama Akatsuki ini telah meluncur dari Kagoshima di sebelah selatan Jepang," ujar pihak badan luar angkasa Jepang, seperti dikutip melalui ABC News, Jumat (21/5/2010).

Akatsuki, yang dalam bahasa Jepang berarti 'Fajar' diharapkan akan mencapai orbit Venus pada bulan Desember. Nantinya, Akatsuki akan mengitari planet Venus selama dua tahun untuk mencari tahu iklim yang ada di Venus, termasuk keadaan awan, temperatur, dan kekuatan angin.

Pengembangan Akatsuki sendiri, menurut badan luar angkasa Jepang itu, membutuhkan biaya sekira USD280 juta, atau sekira 25 miliar yen.

Misi ke Venus ini merupakan lanjutan dari penelitian ke bulan yang dilakukan Jepang untuk pertama kalinya. Penelitian ke bulan itu menghabiskan waktu selama 19 bulan dan telah selesai tahun lalu. Proyek penelitian bulan ini pun dilakukan untuk mendapatkan detil informasi mengenai peta permukaan bulan dan meneliti distribusi mineral yang ada di sana.

Jepang pertama kali meluncurkan satelit pada tahun 1970. 

Rusia Rancang Pesawat Luar Angkasa Bertenaga Nuklir

Jumat, 26 November 2010
MOSKOW - Tim desain Badan Antariksa Rusia (RSC Energia) mengumumkan untuk membuat ruang modul canggih yang akan didukung sistem tenaga berbasis nuklir.

Menurut RSC Energia, pengerjaan modul pesawat luar angkasa ini akan segera dikerjakan dalam waktu dekat. Direncanakan peluncuran awal modul pertama ini akan dimulai pada tahun 2020 mendatang. Demikian dilansir TG Daily, Jumat (26/11/2010).

Ditambahkan juga, proyek ambisius ini akan dibuat dengan dana yang tidak sedikit, karena dipekirakan akan menelan dana hingga lebih dari USD580 juta.

Direktur Badan Antariksa Rusia Rocomos Anatoly Perminov menilai, modul sistem tenaga nuklir (MCNSPS) untuk pesawat ruang angkasa berawak adalah penting, jika Rusia ingin mempertahankan keunggulan kompetitif dalam lomba ruang angkasa.

Perlu dicatat bahwa RSC Energia juga telah mengumumkan niatnya untuk mengembangkan pembangkit listrik angkasa berbasis nuklir untuk penempatan di Bulan atau Mars.

Laptop, Netbook & Tablet; Mana yang Harus Dibeli?

JAKARTA - Perkembangan komputer jinjing kini semakin ramai dengan kehadiran tablet. Sebelumnya di segmen ini telah hadir terlebih dahulu, laptop dan netbook.

Solusi yang dirangkum oleh PC World, yang okezone kutip, Selasa (23/11/2010), mungkin bisa menjadi salah panduan sebelum pengguna memutuskan membeli antara laptop, netbook dan tablet.

1. Berapa Dana yang Anda Punya?
iPad yang menjadi salah satu pelopor tablet saat ini, tentu menawarkan harga yang lumayan 'wah' untuk sekelas perangkat yang spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan netbook. Contohnya, di Amerika Serikat, iPad wifi dengan kapasitas 16GB dijual sekira USD499 hingga USD829 dengan kapastias 64GB.

Bandingkan dengan netbook, dengan harga USD499 pengguna sudah bisa mendapatkan netbook dengan spesifikasi jauh lebih bagus. Apalagi, rata-rata harga netbook sudah berkisar USD300 saja.


Sumber : Okezone
2. Apakah Anda Menggunakan Multimedia di Mana Saja?
Jika ya, jawabannya adalah iPAd. Karena, tablet ini memiliki layar besar dan cerah, masa pakai baterai yang tahan lama akan membiarkan Anda menonton film jam yang telah anda download. Tentu saja, Anda tidak bisa hanya menonton video dengan DVD cakram, tapi Anda bisa mentransfernya via iTunes.

Sebuah netbook yang baik memiliki hidup baterai yang lebih baik daripada kebanyakan laptop, bisa menjadi pilihan kedua Anda. Anda juga harus men-download film karena di netbook, tidak tersedia optical drive.

3. Ketergantungankah Anda Terhadap Office?
Anda perlu laptop atau netbook untuk menjalankan Microsoft Office. Tapi itu bukan akhir dari cerita. Meskipun iPad tidak berjalan baik Windows atau Mac Office, namun Apple memang menawarkan sejumlah aplikasi bagus yang akan memberikan banyak fitur yang sama.

4. Apakah Pekerjaan Anda Membutuhkan Keyboard?
Jika Anda berbicara tentang mengirim email singkat atau tulisan singkat saja, maka iPad menjadi pilihan yang tepat. Untuk menulis tugas berat, Anda ingin keyboard fisik berukuran penuh, dan itu berarti sebuah laptop.

Salah satu rahasia kecil yang jahat dari Netbook adalah bahwa kebanyakan keyboard telah diperkecil. Itu berarti beberapa tombol fungsi dan navigasi berada di tempat aneh atau bahkan hilang.

Bagaimana keyboard iPad? Saya pikir itu soal selera. Karena pengguna yang sudah terbiasa dengan keyboard virtual, tidak akan kesulitan menggunakan keyboard iPad.

5. Apakah Anda Ingin Bermain Banyak Game?
Game menjadi aplikasi penting, selain untuk bekerja. Jika begitu, maka iPAd adalah jawabannya. Dengan mengunduh aplikasi game di App Store, pengguna bisa mendapatkan game yang diinginkan. Sesuatu yang mustahil didapatkan di netbook ataupun laptop.

Perangkat Penanak Roti Beras Nge-Hit di Jepang

TOKYO - Baru diluncurkan tiga minggu, Sanyo kebanjiran order perangkat pembuat beras menjadi roti. Bahkan Sanyo menghentikan preorder perangkat tersebut.

Peralatan rumah tangga itu bernama Gapon, mampu mengubah beras menjadi roti hanya dengan satu kali klik tombol. Dalam kurun tiga pekan, perangkat tersebut telah laku sekira 58.000 unit. Pihak Sanyo mengaku kewalahan dalam memenuhi permintaan perangkat canggih terbaru ini. 

"Perangkat ini membuat proses pembuatan roti menjadi mudah. Bahkan rasa roti-nya pun dijamin enak. Hal ini sesuai dengan kultur Jepang yang biasa mengonsumsi beras sejak beribu-ribu tahun lalu. Oleh karena itu ada semacam kepuasaan tersendiri yang dirasakan oleh warga Jepang dengan perangkat ini," ujar analis makanan di negara tersebut, Hisao Nagayama, seperti dikutip melalui Straits Times, Jumat (26/11/2010) 

Selain itu, lanjut Nagayama, Gapon juga mampu mengubah kebiasaan makan yang selama ini dilakukan warga Jepang, yakni lebih mengikuti tren makanan orang barat dengan pola hidup yang sibuk sehingga tidak memungkinkan warga memasak beras, yang pasti membutuhkan waktu lama.

"Sampai saat ini permintaan akan produk tersebut sudah sekira 58.000 unit. Angka ini kami raih dalam kurun tiga minggu. Padahal kami menargetkan jumlah itu akan kami raih hingga Maret tahun depan," ujar juru bicara Sanyo Electric.

Perangkat itu dibandrol sekira USD700 dan mampu mempercepat proses pembuatan roti dari beras. Pengguna tinggal memasukkan beras dan bumbu yang diinginkan lalu memencet tombol 'start'. Setelah itu biarkan Gopan, perpaduan dari bahasa Jepang yang berarti 'beras' dan 'roti', itu bekerja. Dalam waktu beberapa menit, roti beras akan langsung tersaji.


Sumber : okezone.com

Video: Nyata, Robot Octopus di Film Spiderman

Kamis, 25 November 2010

Sebuah robot mirip tentakel mekanik Dr Octopus, lawan jagoan Spiderman berhasil dikembangkan perusahaan Jerman, Festo.  Namun, bukan ciptaan tokoh antagonis itu yang jadi acuan, melainkan belalai gajah.
Menurut penemunya, Robot lengan, yang dijuluki 'Bionic Handling Assistant' dioperasikan di rumah, sekolah, dan pusat-pusat rehabilitasi medis.
Prinsipnya, mirip seperti fungsi belalai bagi gajah. Bagian tubuh yang merupakan perpanjangan hidung dan bibir bagian atas  ini digunakan untuk mengambil makanan, berkelahi, juga untuk bersalaman.
Ketika merancang robot ini, Festo berpedoman dan terispirasi alam, bukan meniru bentuk lengan robot konvensional -- yang terdiri dari batangan dan tabung logam nan kaku kaku.

Alih-alih meniru 40.000 lebih otot yang memungkinkan gajah menggerakkan belalainya, belalai buatan Festo menggunakan kantung udara yang memungkinkannya bergerak elastis.
Jajaran kantung-kantung udara dalam Bionic 'Handling Assistant' seperti tulang yang bisa dutiup. Rangkaian tulang itu dibagi menjadi tiga segmen yang memungkinkannya bergerak membentuk kurva 'S'.
Segmen keempat berada di bagian ujung, mirip tangan yang terdiri dari tiga jari atau 'FinGripper' yang bisa menggenggam halus.
Sensor yang tertanam di lengan memungkinkan kontrol motorik yang dapat menghentikan laju lengan ketika bertemu obyek tertentu, termasuk manusia.
Belalai mekanis ini terbuat dari poliamida yang tahan lama. Juga bahan-bahan fleksibel seperti nilon, sutera, dan Kevlar. (Christian Science Monitor)

Funktionide, Robot Pengganti 'Pacar

Rabu, 24 November 2010
BERLIN - Ahli robotika Jerman, Stefan Ulrich, mengembangkan sebuah robot berbentuk bantal yang diklaim bisa merasakan emosi manusia. Robot bantal bernama Funktionide ini mampu membantu seseorang membunuh rasa kesepian.

Funktionide dilengkapi dengan sensor khusus yang dapat bereaksi terhadap sentuhan pemiliknya. Robot berbentuk bantal ini bisa menunjukkan seseorang apakah sedang dalam keadaan bahagia atau mungkin sedang jatuh cinta. Funktionide bisa membungkus pemiliknya dan bahkan memberi mereka pelukan. 

Robot ini awalnya dikembangkan untuk meringankan seseorang dari rasa kesepian. Funktionide menggunakan teknologi otot buatan. 

Ulrich melakukan penelitian ke dalam plastik yang akan berubah bentuk ketika sebuah arus listrik diterapkan. Baha ini  disebut juga dengan polimer elektro aktif. Funktionide bereaksi terhadap tekanan, temperatur kulit dan warna untuk menghasilkan respon seperti reaksi manusia.

"Robot ini bisa menggantikan kebutuhan akan rasa rindu terhadap kekasih," kata Ulrich seperti dilansirDigitalOne, Senin (22/11/20100.

"Orang-orang sudah terbuai dalam harta benda. Dan melindungi diri dari kehidupan nyata dengan teknologi. Jadi jika robot dan benda dapat memenuhi semua kebutuhan emosional mereka juga,. Mengapa mereka membutuhkan manusia lainnya?" kata Ulrich.

Sebelumnya, pada Agustus 2010, ahli robotika Jepang, Hiroshi Ishiguro juga telah mengembangkan robot Telenoid R1. Robot tersebut seukuran bayi namun tidak memiliki lengan atau kaki. Telenoid adalah perangkat komunikasi yang sensitif, yang mampu menangkap gerakan pengguna melalui webcam dan kemudian merekam dan menyimpannya.

"Jika seorang teman berbicara dari Telenoid, kita dapat membayangkan wajah teman di wajah telenoid itu, dan melepaskan rasa rindu bersama," kata Ishiguro Daily Mail. (ugo)

Anjing Lebih Cerdas dari Kucing

LONDON - Banyak yang membuktikan bahwa anjing dianggap sebagai hewan peliharaan yang cerdas. Hal tersebut, benar saja jika melihat hasil penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan Oxford University.

Para peneliti itu menyimpulkan bahwa anjing peliharaan lebih cerdas ketimbang kucing. Pasalnya, dari analisis terungkap anjing merupakan binatang yang membutuhkan pertemanan yang luas, sementara kucing lebih suka menyendiri.

Selain itu, para peneliti juga melakukan penelitian terhadap otak mamalia selama 60 juta tahun terakhir, termasuk otak dinosaurus dan berbagai jenis hewan setelahnya. Hasilnya, otak turut berkembang seiring dengan perilaku sosial mamalia tersebut, khususnya yang hidup di alam liar dan peliharaan. 

"Ada hubungan yang kuat antara ukuran otak dengan perilaku mamalia," kata ketua tim peneliti Prof Robin Dunbar, seperti dikutip Dailymail, Selasa (23/11/2010). 

"Kucing memiliki volume otak yang jauh lebih kecil dibandingkan anjing dan kuda karena kurang 'bersosialisasi'," kata Dunbar. 

Hal tersebut juga termasuk dalam mamalia seperti paus, anjing, dan lumba-lumba yang suka 'berinteraksi' dengan manusia juga memiliki volume otak yang jauh lebih besar ketimbang jenis mamalia lainnya, misalnya harimau, kucing rumahan dan badak yang cenderung suka menyendiri.

NASA Teliti Kehidupan di Luar Angkasa

Senin, 22 November 2010
 Sebuah nanosatelit berukuran tak lebih besar dari sebungkus roti tawar dan memiliki nama serupa dengan kue kering favorit anak-anak diluncurkan ke luar angkasa. Oleh NASA, satelit mini tersebut ditugasi untuk mempelajari bagaimana sumber kehidupan berlangsung di jagat raya.

O/Oreos, nama satelit yang diluncurkan, merupakan singkatan dari Organism/Organic Exposure to Orbital Stresses. Satelit berbobot sebesar 5,4 kilogram merupakan nanosatelit pertama yang memiliki dua tugas eksperimen.

Eksperimen “Space Environment Survivability of Live Organisms” akan mempelajari pertumbuhan, kesehatan, dan adaptabilitas mikroorganisme yang hidup di lingkungan asing dan daratan kering. Setelah O/Oreos mencapai orbit, eksperimen akan memberi umpan dan menumbuh kembangkan sekelompok mikroba, dan mengukur respon mereka terhadap radiasi serta kondisi tanpa gravitasi.

Pada eksperimen, peneliti akan memantau apakah mikroba tersebut tetap makan dengan cara yang benar. Adapun nutrisi yang disediakan telah diberi warna, sehingga, jika mereka sehat, mereka akan berubah warnanya.

Eksperimen kedua, bertajuk “Space Environment Viability of Organics” akan memantau apa yang terjadi terhadap empat kelas molekul organik setelah mereka terekspos terhadap kondisi luar angkasa. Eksperimen ini didesain untuk dapat bertahan selama 6 bulan, dan O/Oreos akan dapat mengirimkan data penelitiannya selama sekitar satu tahun.

Dengan peluncuran di atas, NASA berharap satelit itu akan membuktikan bahwa melakukan eksperimen astrobiologi di luar angkasa dapat dilakukan tanpa perlu menggelar misi penelitian di stasiun luar angkasa.

“Kami berusaha untuk menunjukkan bahwa nanosatelit seperti O/Oreos dapat memenuhi kebutuhan para peneliti yang memiliki ide besar dan target penting,” ucap Bruce Yost, O/Oreos Mission Manager Ames Research Center, NASA, seperti dikutip dari PopSci, 22 November 2010.

Untuk mengorbit, O/Oreos menumpang roket Air Force Minotaur IV dari Kodiak, Alaska. Ia mulai mengirimkan sinyal radio setelah mencapai orbit sekitar 640 kilometer dari permukaan Bumi. Setelah misinya selesai, O/Oreos juga akan menjadi satelit pertama yang menggunakan mekanisme tanpa propellant untuk kembali ke Bumi.

Sumber : vivanews.com

Indonesia juara petama Lomba Robot Soccer filipina.

Minggu, 21 November 2010
Indonesia meraih kemenangan dengan menempati posisi juara pertama dan berhak meraih medali emas untuk kategori Robot Soccer pada World Robotic Olympiad (WRO) yang berlangsung di SMX Convention Center Hall, Manila, Filipina.

Keterangan yang diperoleh dari Mikrobot Experience Center di Jakarta, Rabu menyebutkan, Indonesia mengirim 11 tim dalam kompetisi robot itu. Tim terdiri atas siswa SD, SMP, SMA dan tim Robot Soccer. 

"Dari 11 tim yang kita kirim, tim Robot Soccer yang berhasil meraih juara," kata Paula dari Mikrobot Experience Center.

World Robotic Olympiad yang diselenggarakan pada 6 November 2010 adalah kegiatan inetrnasional yang diselenggarakan setiap tahun. Pelombaan ini dibuka untuk siswa SD hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Kegiatan ini merupakan puncak acara kompetisi tingkat nasional yang sudah diikuti sebelumnya oleh seluruh peserta dari masing-masing negara. 

WRO tahun ini diikuti 700 peserta dari 22 negara, sedangkan Indoensia mengirim 38 peserta yang terbagi dalam 11 tim untuk mengikuti Regular Category dan Robot Soccer Category.

Peserta WRO yang mewakili Indonesia adalah pemenang dan sebagian peserta yang ikut kegiatan Indonesia Robotic Olympiad 2010 yang diselenggarakan di Gedung BPPT Jakarta pada 14 Agustus 2010.

Tahun ini merupakan ke-7 diselenggarakan WRO. Pada katagori Robot Soccer, tim Indonesia harus bersaing dengan 20 tim dari negara lain dan bisa meraih juara pertama. Sebelumnya, pada WRO 2009, Indonesia meraih juara 2,3 dan 5.

WRO pada 2011 diselenggarakan di Abu Dhabi. Tim Indonesia bertekad kembali meraih prestasi.

Altium Protel, Software pengolah PCB canggih.

www.AstroDigi.com
Altium merupakan tools untuk electronic design yang dulunya dikenal sebagai Protel, mungkin kalangan dari electronic engineering akan lebih mengetahui nama ini dikarenakan tool ini dapat dengan mudah dicari bajakannya waktu itu, terus apa yang terjadi dengan Protel? Disini saya akan menceritakan sedikit background dari kehilangan nama itu dan dimana era Altium itu dimulai.

Protel dikenalkan pertama kali ditahun 1985 di IBM system. Sejak dulu nama Altium itu sudah nyantol dibelakang namanya Protel ini hanya saja kita tidak pernah menyadarinya soalnya yang kita beli itu biasanya bajakan, mana perduli.. Ditahun 1991, mereka memperkenalkan windows based PCB design software sebelum Microsoft Windows menjadi standard dari sebuah PC. Ditahun 1998, mereka mengeluarkan versi Protel 98 dan ditahun 1999, dirilislah Protel’99, versi inilah yang banyak dikenal oleh kalangan elektronika engineering di Indonesia dikarenakan oleh adanya Millenium bug, ingat ketika diberitakan bahwa semua product harus millenium bug compatible? Pada saat itu, Protel adalah satu-satunya PCB design software yang memiliki sertifikasi Millenium bug free.

Ditahun 2001, mereka menjadi listed company di Australia, sejak saat itulah nama Protel diubah menjadi Altium. Ditahun 2002, mereka mengeluarkan Protel versi 2002 dengan nama Altium Protel DXP 2002, versi ini bisa dibilang merupakan product gagal dari Altium dikarenakan diplatform inilah mereka mulai bermigrasi ke platform yang lebih user-friendly akan tetapi mempunyai banyak bug, Altium DXP 2004 kemudian direlease untuk menutupi kegagalan dari versi 2002 itu, pada akhir tahun 2005, Altium Designer 06 diperkenalkan dan merupakan versi terlama dari Altium melakukan banyak inovasi di versi ini, patchnya ada dari versi 6.0 sampai 6.9. Ditahun 2008, mereka mulai memperkenalkan sistem baru yaitu pergantian versi setiap setengah tahun, sejak itu dimulailah versi Altium summer dan Altium winter.


Sumber : www.AstroDigi.com (

Tetris Bantu Hilangkan Kenangan Buruk

Anda ingat game susun menyusun balok, Tetris? Ternyata, menurut penelitian sejumlah ilmuwan dari Oxford University, game ini memiliki manfaat lain yakni mampu mengurangi kenangan buruk.

Tim peneliti menemukan, memainkan Tetris setelah kejadian traumatis bisa mengurangi kenangan buruk itu. Jika dibandingkan dengan memainkan game lain yakni Pub Quiz Machine 2000, sebuah permainan berbasis kata-kata, efeknya trauma malah lebih buruk.

Pada percobaan terhadap relawan yang sehat, tim peneliti menayangkan gambar-gambar mengerikan dari sejumlah sumber, termasuk video iklan yang menggambarkan bahayanya mengemudi dalam kondisi mabuk.

Setelah menunggu selama 30 menit, 20 relawan memainkan Tetris selama 10 menit, adapun 20 lainnya memainkan Pub Quiz selama 10 menit. Sebanyak 20 relawan lainnya diminta untuk tidak melakukan apa-apa.

Terbukti, mereka yang memainkan Tetris mengalami flashback kenangan buruk yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan apa-apa. Sementara, mereka yang diminta memainkan game Pub Quiz malah mengalami flashback yang jauh lebih sering.

Saat masa tunggu diperpanjang hingga 4 jam, mereka yang memainkan Tetris mengalami flashback yang jauh lebih rendah lagi. Meski begitu, pada tiap pengujian, seluruh kelompok tetap mampu mengingat detail-detail spesifik dari film yang ditayangkan.

“Temuan ini menunjukkan bahwa Tetris cukup efektif asalkan dimainkan dalam waktu empat jam setelah orang menyaksikan film traumatis yang bersangkutan,” kata Dr Emily Holmes dari Oxford University, seperti dikutip dari TG Daily, 19 November 2010.

“Memainkan Tetris bisa mereduksi tipe ingatan flashback tanpa menghapus kemampuan untuk mengingat kejadian tersebut dan terbukti pula bahwa tidak seluruh game komputer menawarkan efek samping positif seperti ini,” ucapnya. “Beberapa game lain malah memberi efek buruk pada orang seputar penanganan kenangan traumatis,” ucapnya.

Tim peneliti berpendapat bahwa mengenali bentuk dan menggeser blok-blok berbagai warna di Tetris bersaing untuk menggunakan kanal informasi yang sama dengan ingatan-ingatan traumatis di otak. Konsekuensinya, flashback dari gambar-gambar tersebut berkurang.

Adapun jika memainkan game yang menjawab pertanyaan umum seperti di Pub Quiz malah memicu flashback kenangan buruk itu muncul kembali. Ilmuwan yakin, game komputer berbasis verbal itu memicu memori visual di kanal perseptual yang kemudian meningkatkan munculnya flashback ingatan buruk tersebut.

“Meski penelitian ini masih tahap eksperimen dan perawatan menggunakan game belum dapat diimplementasikan dalam waktu dekat, tetapi kita mulai memahami bagaimana memori ataupun flashback terbentuk setelah trauma,” kata Holmes. “Dan kini kita bisa menggunakan sains untuk mengeksplorasi metode perawatan baru,” ucapnya.

Misteri Batu-batu Berjalan di California


Pernah dengar misteri batu meluncur atau batu berjalan? Ya, batu berjalan menjadi salah satu misteri yang paling menarik dari Death Valley National Park, tepatnya di danau kering Racetrack Playa, California-AS. Batu berjalan itu dapat ditemukan dengan mudah di permukaan Playa dengan jejak panjang di belakangnya.

Bagaimana mereka dapat bergerak atau berpindah masih menjadi misteri besar di benak para peneliti. Pasalnya, batu yang berjalan tidak hanya batu kecil yang mudah tertiup oleh angin. Ada beberapa batu besar dengan berat ratusan kilogram yang juga turut "jalan-jalan".

Batu berjalan di Racetrack Playa
Pertanyaan besar yang tentu saja akan muncul kemudian: bagaimana cara mereke bergerak? Ini menjadi tantangan besar bagi para peneliti. Mengapa fenomena ini menjadi misteri? Karena, tidak ada satu orang pun yang pernah melihat ia berjalan.

Sampai hari ini, faktanya adalah tidak ada seorang atau satu organisasi pun yang mengetahui bagaimana batu-batu itu bisa berpindah tempat, meski beberapa orang sudah mempunyai penjelasannya masing-masing menurut nalar. Menarik untuk disimak.


Tapi, sebelumnya, sekadar diketahui apa dan di mana Racetrack Playa. Racetrack Playa adalah danau kering yang datar dengan panjang empat kilometer dan lebar sekitar dua kilometer. Terletak di California-AS, permukaannya terdiri dari batuan sedimen yang terbuat dari lumpur dan tanah liat.

Iklim di daerah ini juga kering. Hujan hanya terjadi beberapa inci per tahun. Namun, saat hujan, pegunungan terjal yang mengelilingi Racetrack Playa akan menyuplai air ke permukaan danau dan menyulapnya menjadi danau dangkal yang sangat luas. Sayangnya, ini hanya bertahan beberapa hari saja. Setelah itu, dalam keadaan basah, permukaannya berubah menjadi lumpur yang lembut dan licin.

Ada beberapa asumsi atau penjelasan tentang mengapa batu-batu di Racetrack Playa dapat berjalan. Semua penjelasan tersebut masuk akal. Bisa jadi Anda setuju dengan salah satunya. Namun, sampai saat ini belum ada yang dapat membuktikannya bersama-sama secara ilmiah.

Apakah mereka digerakkan oleh manusia atau hewan?
Jejak yang terbentuk di belakang batu menunjukkan bahwa batu-batu berjalan itu berpindah saat permukaan Racetrack Playa masih ditutupi dengan lumpur yang sangat lembut. Dan, di sekitar jejak batu, tidak ada lumpur yang rusak akibat jejak makhluk hidup lainnya. Artinya, sangat kecil kemungkinan batu tersebut dipindahkan oleh manusia dan hewan.

Apakah mereka digerakkan oleh angin?
Ini penjelasan paling favorit dan dipilih banyak orang karena dinilai paling mungkin. Bukan asal tebak atau sekedar menerka-nerka. Tapi, jika dipelajari dari jejak batu yang berjalan, arahnya sejajar dengan arah angin yang berhembus di Racetrack Playa, yakni dari barat daya ke arah timur laut.

Hembusan angin kencang diperkirakan mampu menyenggol batu sampai berpindah tempat. Kurva pada jejak batu tersebut dibentuk oleh pergeseran arah angin yang membawanya, karena interaksi angin dan batu tidak teratur.


Apakah mereka digerakkan oleh es?
Batu berjalan di Racetrack Playa
Beberapa orang mengaku sempat menyaksikan Racetrack Playa tertutup oleh lapisan es tipis. Idenya, air membeku di sekitar batu. Lalu, angin berhembus di atas permukaan es dan menyeret lapisan es berikut batu yang tertancap di permukaan es.

Beberapa penelitian telah menemukan jejak sangat kongruen pada beberapa batu. Namun, seharusnya pengangkutan lapisan es besar diharapkan meninggalkan tanda para permukaan Playa. Sampai saat ini, tanda tersebut belum bisa dibuktikan.

Mungkin Anda setuju dengan salah satu dari beberapa penjelasan di atas. Atau, tidak ada salahnya jika Anda mempunyai penjelasan lain yang berbeda. Tetapi, mungkin cerita ini akan tetap menarik jika jawabannya tidak pernah diketahui dan menjadi misteri.

Ilmuwan Ciptakan Mesin Fotokopi Sel.

LONDON - Dengan mencontoh mesin fotokopi di perkantoran, para ilmuwan kemudian menciptakan printer atau mesin cetak yang bisa menghasilkan kopi gambar sel biologis berukuran nanoscale atau sangat kecil.

Ilmuwan dari Illinois University yang mengembangkan mesin fotokopi sel ini menyebutkan, hasil cetak sel biologis bisa sangat membantu dalam membuat jaringan tubuh buatan. 

"Dengan memodifikasi teknik, akan sangat mungkin memanipulasi sel biologis atau sel biomolekul seperti DNA," kata ketua tim studi John Rogers seperti dikutip dari New Scientist, Selasa (2/2/2010).

Printer jet electrohydrodynamic buatan mereka bekerja dengan menghasilkan tegangan listrik berbeda diantara mulut pipa metalik dan subtrat di bawahnya. Hasil dari tegangan elektrik menyebabkan muatan ion dalam tinta berkumpul dalam mulut pipa dan permukaannya terbentuk seperti bulan sabit. 

Karena muatan ion saling menolak, permukaan bulan sabit kemudian akan berubah bentuk menjadi bentuk kerucut, menghasilkan ujung super tipis dimana tetesan kecil tinta paling kecil dikeluarkan.

Proses ini menghasilkan ketidakseimbangan dalam kuantitas ion negatif dan positif dalam tinta cetak. Namun anggota tim menyadari bahwa dengan mengganti muatan kutub tegangan, mereka bisa menyelesaikan masalah tersebut serta bisa juga mencetak berbagai pola rumit muatan negatif atau positif ke dalam substrat. Pada intinya, kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk membuat kopi sel biologis yang rumit dan sangat kecil. (rah)


Sumber : Okezone.com

Mengenal cara kerja layar sentuh (Touch Screen).

Mengenali bagaimana cara kerja layar sentuh dapat membantu untuk merawat dan membedakan jenis-jenis layar sentuh pada handphone jaman sekarang ini. Ada 3 jenis, yaitu resistive, capacitive dan surface acoustic wave system.

1. Resistive Screen

Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik.
Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang bertugas sebagai arus referensi.
http://img.photobucket.com/albums/v654/tazbo28/resistive-how-final.jpg

Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik referensi tersebut.
Efek dari gangguan ini pada lapisan konduktif adalah akan terjadi perubahan arus-arus listriknya sebagai reaksi dari sebuah kejadian sentuhan. Perubahan nilai arus referensi ini kemudian dilaporkan ke controllernya untuk di proses lebih lanjut lagi.
Informasi sentuhan tadi diolah secara matematis oleh controller sehingga menghasilkan sebuah koordinat dan posisi yang akurat dari sentuhan tersebut. Kemudian informasi diintegrasikan dengan program lain sehingga menjadi aplikasi yang mudah digunakan.
Layar dengan teknologi ini memiliki tingkat kejernihan gambar sebesar 75% saja, sehingga monitor akan tampak kurang jernih. Touch sensor jenis ini sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang agak tajam.
Teknologi ini tidak akan terpengaruh oleh elemen-elemen lain di luar seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang mengenainya, baik itu menggunakan jari tangan langsung maupun menggunakan benda lain seperti stylus. Sangat cocok digunakan untuk keperluan di dalam dunia industri seperti di pabrik, laboratorium, dan banyak lagi.
 

Definisi sederhananya:

Layar yang cara kerjanya harus ditekan, dapat menggunakan jari atau benda apapun yg ditekankan di layar. Kelemahan untuk layar ini adalah jika diletakkan dikantong (terutama kantong celana), bisa tertekan-tekan dan mengakibatkan layar jadi gampang rusak karena sering tertekan.
Indoor: sangat baik
Outdoor: kurang optimal
Contoh HP yg menggunakan layar resistif adalah Samsung Star, Sony Erricson W950. Siri-cirinya adalah dengan disertakan stylus didalam paket HP-nya. Pilihlah wadah yang menggunakan model flip, jadi layar dapat terlindung dari tekanan. Sebaliknya tidak disarankan menggunakan wadah HP model pouch.


2. Capacitive Screen

Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.
http://nokiapp.com/wp-content/uploads/2009/05/ctdisp_r1.gif

Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi.
Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.
Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Capasitive touchscreen baru dapat bekerja jika sentuhan-sentuhan yang ditujukan kepadanya berasal dari benda yang bersifat konduktif seperti misalnya jari. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90%, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan interaksi dalam publik umum seperti misalnya di restoran, kios elektronik, lokasi Point Of Sales, dsb.
 

Definisi sederhananya:

Harus dengan sentuhan jari, tidak dapat menggunakan benda lain (kuku, stylus, dsb). Karena layar ini bekerja dengan memanfaatkan muatan listrik yang ada ditubuh kita. Layar sentuh model kapasitif ini hampir tidak memiliki kelemahan yang berarti, karena layar ini adalah pengembangan terbaru untuk menggantikan layar resistif.
Indoor: sangat baik
Outdoor: sangat baik
Keunggulannya: layar jenis ini tidak terpengaruh terhadap tekanan, jadi walaupun HP diletakkan dikantong tidak menjadi masalah. Penggunaan wadah model pouch bisa dikategorikan aman. Ciri-cirinya adalah tidak disertakan stylus didalam paket HP-nya. Contoh HP yg menggunakan layar kapasitif adalah Samsung Corby Touchscreen, iPhone.

3. Surface Acoustic Wave System

Teknologi touchscreen ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik.
Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar monitor.
Kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, dua vertikal dan dua horizontal. Ketika panel touchscreen-nya tersentuh, ada bagian dari gelombang tersebut yang diserap oleh sentuhan tersebut, misalnya terhalang oleh tangan, stylus, tuts, dan banyak lagi. Sentuhan tadi telah membuat perubahan dalam bentuk gelombang yang dipancarkan.
http://farm4.static.flickr.com/3562/3362226733_6df37cc393.jpg


Perubahan gelombang ultrasonik yang terjadi kemudian diterima oleh receiver dan diterjemahkan ke dalam bentuk pulsa-pulsa listrik. Selanjutnya informasi sentuhan tadi berubah menjadi sebentuk data yang akan di teruskan ke controller untuk diproses lebih lanjut.
Data yang dihasilkan dari sentuhan ini tentunya adalah data mengenai posisi tangan Anda yang menyentuh sinyal ultrasonik tersebut. Jika ini dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang ultrasonic pada media yang disentuhnya, maka jadilah sebuah perangkat touchscreen yang dapat Anda gunakan.
Teknologi ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik melainkan sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar touchscreen jenis ini mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan terang dibandingkan dengan Resistive touchscreen.
Tanpa adanya lapisan sensor juga membuat touchscreen jenis ini menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan banyak lagi.
Kelemahannya kinerja dari touchscreen ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka touchsreen dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan.
Touchscreen jenis ini cocok digunakan pada ruangan training komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam dan saat presentasi dalam ruangan.

Multi Touchscreen

Multi layar sentuh adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Dari arti kata "multi" yang berarti banyak, sudah terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari. Layar multi sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan.
Layar multi sentuh ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau games.
Layar multi sentuh ini biasa digunakan pada handphone, komputer, MP3 player, dan sebagainya.

Sejarah susunan keyboard.


Pernahkah kalian berfikir mengapa susunan keyboard yang sehari-hari yang umumnya kita gunakan dibuat dengan susunan yang seperti itu. Dan apakah menurut kamu apakah susunan yang seperti itu merupakan yang paling efisien yang pernah dibuat sehingga kita akan lebih mudah dan cepat untuk kita mengetik.
Begini, susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukan agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Mengapa demikian? Ini dia sejarah susunan keyboard..
Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.
Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).
Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.

Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.
Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK.
Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif� di sekitar Tahun 1970. Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.

Bahaya Tidur dengan lampu menyala.

[sleep.jpg]

Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.

Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan "Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun".

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.
Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.
Sumber :timetotalks.blogspot.com