Tutorial cara buat ringtone Eps.2

Selasa, 28 Desember 2010
Original made by : Bondrax

Baiklah, sesuai dengan janji saya sebelumnya saya akan mengulas lebih jauh hingga kita dapat menyelesaikan satu buah project Ringtone, mari kita mulai J
Selanjutnya adalah cara membuat project dan menggunakan tools pada audacity, jalankan program Audacity, klik file, import, Audio, Atau bisa dengan menggunakan shortcut keyboard : ctrl + shift + I .

Kemudian tampil dialog untuk mencari file, pilih file audio yang akan anda jadikan project, maka setelah itu akan ada tampilan progress import file seperti ini : 

Kalau berhasil maka keseluruhan interface dari program akan tampil sebagai berikut :



Oke, berikut adalah nama dan fungsi beberapa tool sederhana yang biasa di pakai :


Keterangan gambar :
1.       Pause
2.       Play
3.       Stop
4.       Skip to start
5.       Skip to end
6.       Record : di gunakan untuk menambahkan rekaman langsung dengan perangkat Mic.
7.       Selection tool : di gunakan untuk menyeleksi bagian lagu yang akan di putar sebaigian atau di potong/hapus/copy.
8.       Envelope tool : tool yang sangat penting, di gunakan untuk mengecilkan frekuensi audio, ini biasanya di gunakan di awal dan di akhir ringtone, agar hentakan pertama ketika memutar audio tidak begitu keras, dan mengecilkan audio pada saat ending (untuk lagu yang belum pada posisi  ending).
9.       Draw tool : digunakan untuk mengedit (menaikan atau menurunkan frekuensi) pada audio project, biasanya jarang di gunakan.
10.   Zoom tool : klik kanan untuk memperbesar, klik kiri sebaliknya.
11.   Time Shift tool : dipakai untuk melebarkan atau memindahkan area seleksi.
12.   Multi tool mode : merupakan tool yang menghimpun semua tool sebelumnya, satu tool ini dapat di gunakan untuk : time shift, draw, envelope, dll.
13.   Cut tool ( Ctrl+x ).
14.   Copy tool ( Ctrl+c ).
15.   Paste tool ( ctrl+v).
16.   Undo
17.   Zoom In: untuk memperbesar.
18.   Zoom Out : Untuk memperkecil.
19.   Fit selection : Dipakai untuk melebarkan area yang di seleksi.
20.   Fit project : Dipakai untuk mengembalikan posisi area ke awal sebelum di fit selection.
21.   Trim : digunakan untuk membuang bagian yang tidak terseleksi sehingga meninggalkan bagian yang terseleksi saja.
22.   Silence : merupakan kebalikan dari Trim.





Sekarang kita akan menyeleksi bagian audio yang akan di potong. (Tips : dengarkan musiknya dengan mengklik tombol Play, dan ketika sampai pada awalan yang kita kehendaki, kita tandai dengan menggunakan Selection tool)






Setelah terseleksi kita gunaakn tool Trim untuk membuang bagian yang tidak terseleksi, sehingga akan di dapatkan seperti ini :


Bila di perhatikan, bagian area yang terseleksi tidak menyentuh depan yang berakibat timeline play atau garis waktu putar akan tetap di mulai dari ‘0’ yang mana belum ada frekuensi audio pada time tersebut, maka kita harus menggesernya ke arah kiri sehingga awal bagian yang terseleksi menyentuh timeline ‘0’, gunakan time shift tool, klik kiri tahan, dan drag saja ke arah kiri.


Langkah selanjutnya adalah memperhalus atau smothing awalan ringtone. seleksi bagain awal ringtone ( kira-kira 2-5 detik) dengan selection tool, dan klik zoom in untuk memperbesar, klik hingga beberapa kali agar semakin lebar pita frekuensinya, maka editingnya akan semakin mudah dan hasilnya semakin halus, lihat gambar :


Kemudian kecilkan frekuensi dengan menggunakan Envelope tool , pertama klik bagian atas untuk menandai pembatas envelope yaitu pada detik ke 1 atau ke 2, jangan menarik keatas atau kebawah krusor mouse, karena akan merubah tinggi/rendah frekuensi suara, cukup di klik satu kali :

Setelah itu klik awalan ringtone, dan geser kebawah, maka hasilnya akan seperti ini :

Tips : dengarkan area yang terseleksi untuk mengetahui apakah lentingan awal nada sudah pas atau belumJ
Lakukan hal yang sama dengan beberapa detik sebelum ringtone berakhir (atau sesuai dengan selera anda).
Langkah terakhir adalah meng’export project ke format mp3, klik File-export :

Kemudian pilih destination atau tempat peletakan file yang di export, klik save, maka akan muncul dialog Edit metadata, silahkan di isi data yang menyangkut file project yang anda buat, kemudian klik ‘oK’, akan ada proses export file, tuggu sebentar, dan. . .Ta Da!, slamat, anda telah membuat ringtone anda sendiri J



                Berikut saya sertakan file yang saya jadikan project di atas, dapat di download di : http://www.ziddu.com/download/13174977/BondraxRingtoneNeversayNever.mp3.html 



                Mohon komentar, saran, ide, dan juga kritikanya…

Bondrax_2010.

0 komentar: